Transisi Menuju Energi Terbarukan Bersama Yayasan Rumah Energi

Energi merupakan hal esensial dalam kehidupan manusia, demi untuk menjalani segala kegiatan dan juga memenuhi kebutuhan. Energi listrik Indonesia diperkirakan sebesar hampir 60% dihasilkan oleh PLTU dengan material batu bara. Pasalnya, untuk menghasilkan energi listrik dari tenaga uap dengan batu bara menyebabkan polusi udara yang memiliki dampak mematikan untuk kesehatan manusia. Batu bara mengeluarkan partikel PM 2,5 yang mudah masuk ke tubuh manusia melalui udara yang dihirup dan dapat menyebabkan berbagai penyakit pernapasan, seperti kanker paru, stroke, bahkan kematian. Menurut aktivis Greenpeace International, Lauri Myllyvirta, penggunaan batu bara menyebabkan 60 ribu orang Indonesia meninggal dunia tiap tahun.

Itulah energi terbarukan merupakan suatu solusi guna menurunkan kontribusi suatu negara terhadap perubahan iklim atau climate change. Apa itu energi terbarukan? Dan apakah Indonesia sudah transisi dari energi fosil ke energi terbarukan? Yuk, simak episode podcast #CleanomicRadio kali ini bersama dengan Rebekka Angelyn selaku Program Director dari Yayasan Rumah Energi. Kamu bisa lebih kenal dengan isu transisi menuju energi terbarukan di Indonesia dan kontribusi Yayasan Rumah Energi dalam mencapai target tersebut.

Yayasan Rumah Energi adalah suatu NGO di Indonesia yang berfokus kepada energi terbarukan, agrikultur, dan waste management. Yayasan Rumah Energi didirikan pada 2012 untuk memberikan respon terhadap kebutuhan akan akses yang lebih baik terhadap makanan dan energi yang terjangkau serta untuk mengatasi penggunaan bahan bakar fosil yang tidak berkelanjutan dan dampak dari perubahan iklim, membantu masyarakat mendapatkan pegangan yang lebih kuat pada sumber daya alam mereka. Ambisi utama YRE adalah menjadi aktor kunci dalam pengembangan sektor energi terbarukan di Indonesia.

Yayasan Rumah Energi juga memiliki banyak program yang fokus mengembangkan dan menyebarluaskan penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) dan pengolahan limbah organik menjadi sumber energi terbarukan. Kamu juga bisa loh volunteer di Yayasan Rumah Energi dengan datang ke websitenya langsung di sini. Dengan menjadi volunteer kamu bisa mendapatkan banyak ilmu mengenai energi terbarukan dan juga networking yang luas.

Dengarkan langsung episode podcast kali ini yaaa dan jangan kelewatan episode #CleanomicRadio selanjutnya yah!

0 responses on "Transisi Menuju Energi Terbarukan Bersama Yayasan Rumah Energi"

Leave a Message

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

top
2019 © Cleanomic. All rights reserved.
0