Konsumsi konten sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita, mungkin kalau dulu bangun tidur ku terus mandi, sekarang bangun tidur ku terus cek instagram kan?

Nah diantara jutaan bahkan milyaran konten di luar sana, dari yang serius, lucu, horor, sampai receh, kami nemu nih 10 konten faedah dari influencer yang banyak ngebahas isu tentang sustainablity, minim sampah, low carbon, yang menurut kita sih manfaat banget buat di follow.

1. @Atiit

View this post on Instagram

Sabtu ini 7-15 sept 2019, saya dan teman2 yang lain akan turut serta mengisi exhibition mengenai mindfulness : dwelling. Di @unearth_space jakarta. . Bicara tentang midfulness, Bagi saya hal ini selalu berkaitan erat dengan rumah. Mungkin karena ada dasar kuliah arsitektur, mungkin karena menikmati hidup as a homebody. Saat ini ada 4 hal yang saat ini saya yakini sebagai rumah saya. Yang paling pertama adalah jiwa, raga dan pikiran saya. Rumah paling mendasar, tempat saya paling lama menghabiskan waktu. Rumah yang akan saya huni sampai saya mati tapi justru dulu sering kali lupa untuk saya pahami dan saya desain. Yang kedua rumah fisik sebagai tempat berlindung dari cuaca. Tempat saya bekerja dan beraktivitas dalam 3 tahun terakhir. Ketiga, Lingkurang sosial sekitar. Tempat saya bertumbuh kembang. Dan yang terakhir adalah bumi, satu-satunya tempat kita semua (sebaiknya) saling berbagi untuk hidup. . ps : cerita selengkapnya sila dibaca di @greatmind.id jika tertarik ūüĖ§. . ūüďł : @felixks @fostivevisual . #RAhouse

A post shared by Astri Puji Lestari (@atiit) on

Atiit adalah arsitek sekaligus konten kreator yang suka bahas tentang #consciousliving, seneng banget liat rumahnya yang terlihat rapi dan resep-resep DIY nya atit! Pertama kali liat atiit itu dari websitenya livingloving.net karena atit adalah salah satu kontributor disana.  Ternyata atiit juga punya blog sendiri dan ketagihan banget nge-kepoin kontennya atiit di IG nya!

2. @DKWardhani 

View this post on Instagram

 

A post shared by DK Wardhani (Dini) (@dkwardhani) on

Mba Dini adalah penulis buku rumah minim sampah dan beliau sempet bekerja sebagai dosen di fakultas teknik lingkungan, legit banget lah pokoknya.   Ilmunya banyak banget kalau ikutin konten dan baca bukunya Mba Dini.  Mba Dini juga senang berbagi tips yang bisa kita lakukan sehari-hari untuk memulai gaya hidup minim karbon, seperti membuat lubang biopori ini.  Di setiap kontennya, Mba Dini juga menjelaskan kenapa penting untuk kita melakukan tips-tips tersebut.

3. @Murielimron

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Maurilla Sophianti Imron (@murielimron) on

Muril adalah founder dari @zerowaste_idofficial, akun komunitas zerowaste terbesar sekarang di Indonesia, Muril sekarang tinggal di Bali dan baru punya bayi.  Muril banyak sharing tentang perjalanan minim sampah bersama baby-nya!  Selain suka menulis di konten zerowaste.id, Muril juga punya blog sendiri dan youtube channel yang sering ngebahas tentang minimalism.

4. @Holisticbukhi

 

View this post on Instagram

 

A post shared by bukhi (@holisticbukhi) on  

Founder kami, @deniaisetianti, sebelum memulai cleanomic udah beberapa kali ngobrol-ngobrol dengan Bukhi.  We are so thankful for her and her insight on sustainable lifestyle!  Bukhi sekarang tinggal di Jogja dan sering mengupload stories tentang kegiatannya di @pasarpapringan serta toko bulkstore @ranahbhumi.  Bukhi banyak menghighlight tentang  banyak membahas konten tentang gaya hidup masyarakat adat Indonesia yang ternyata memang minimalis dan bersahaja banget.

5. @Buneastri

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Bune Astri (@buneastri) on  

Mba Astri ini punya rumah yang keren banget, NO TV, dan suka share perjalanan travelnya dia bersama keluarganya dan usahanya untuk hidup lebih sustainable. Mba Astri ini juga suka banget dengan design interior, jadi feed IG nya banyak  foto-foto inspirasi design interior yang ada di rumahnya!

6. @Deasisrihandi

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Deasi Srihandi (@deasisrihandi) on

Mba Deasi sih udah ga perlu dikenalin lagi yah, tapi kalau kamu belum kenal Mba Deasi, kamu harus follow akunnya dia, SHE’S BASICALLY OUR ROLE MODEL!¬† Klik link ini untuk dengerin episode kami barengan Mba Deasi tentang cerita pengalaman Mba Deasi living off-grid selama hampir 10 tahun lebih!

7. @Imaniaeka

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Imania E. D. ūüźį (@imaniaeka) on

Mirip seperti Atiit dan Mba Astri, akunnya Imania dipenuhi dengan foto-foto rumah mungilnya yang minimalis dan rapihhhh banget.  Buat kamu yang lagi mau beli rumah atau punya rumah yang tidak terlalu besar, akunnya Mba Imania ini pas banget buat dijadiin contekan inspirasi karena beneran gemes banget.  Banyak pojokan-pojokannya yang tertata apik dan rapi.  Her house is definitely going to be our inspiration for the #minisponsiblehouse project!

8. @Ankayama

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Hi, this is Anya. (@ankayama) on

Seneng banget akhirnya nemu beauty influencer yang juga peduli lingkungan! Melalui akunnya, Anya sering banget sharing berbagai produk make up dan skin care mantul yang sekaligus ramah lingkungan. Anya juga sering bahas sampah industri kosmetik dan membagi tips untuk membuang sampah kemasan make up / skin care yang baik dan benar.  Yang seneng sama make-upan mesti banget follow Anya!

9. @Gibongtr

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Gibran Tragari (@gibongtr) on

Gibran adalah foundernya @sendalu.permaculture yang suka sharing tentang kegiatan berkebunnya.  Yup, Gibran bekerja full time sebagai tukang kebun lho dan suka sharing ilmu tentang permaculture.  Apa itu permaculture? Yang pengen  tahu lebih banyak tentang hal ini, bisa ikutan kelas online-nya Gibran tentang Permaculture 101 di link ini.

Dalam kelas online ini, kamu bisa mengenal permaculture lebih dalam dan bagaimana mempraktekannya di halaman rumah kamu sendiri.¬† Susunan materi yang akan kamu dapat di e-course ‚ÄúPermaculture 101‚ÄĚ:

  • Apa itu Permaculture?
  • Basic Garden Design
  • Urban Gardening
  • Water & Waste Management

10. @Wulanrussell

Last but not least, Mba Wulan Russell, Mba Wulan ini adalah orang Indonesia yang sekarang tinggal di Amerika. Mba Wulan sering cerita-cerita seputaran motherhood plus  sustainable journey-nya.  Andddd, her instagram aesthetic is truly enjoyable to see! Oya, mba Wulan juga punya youtube channel lho, episode paling barunya ngebahas tentang menstrual cup!  Yang tahun ini pengen nyoba pake menstrual cup, tapi masih ragu-ragu, mungkin bisa cek videonya mba Wulan ini!

***

Oya, karena sebenernya banyak banget akun-akun keren yang bahas tentang ini, kami akan membagi section ini menjadi beberapa part yah. This is only the Part 1.  Kalau kalian punya influencer favorit lainnya, silahkan share di komen-nya nanti akan kami masukkan ke Part 2, atau bahkan Part 3, 4, dst!

 

 

Januari 17, 2020

Product Best Sellers

0 responses on "10 Sustainfluencers yang Harus Kamu Follow (Part 1)"

Leave a Message

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *