Sustainability Starts With You | Zerowaste.id x Cleanomic

Seminggu kemarin, tepatnya tanggal 3 April 2019, Zerowaste.id bekerja sama dengan Cleanomic untuk mengadakan acara mengenai sustainability diisi dengan pembicara-pembicara yang menarik. Senang rasanya karena acara ini FULL HOUSE, audiens sangat amat antusias dengan materi yang dibawakan pembicara hingga tidak bermasalah untuk duduk lesehan karena terbatasnya tempat duduk. Pembicara dan materi yang dibawakan merupakan atraksi tersendiri untuk audiens dan terlebih lagi acara ini tidak dikenakan biaya.

Pembicara yang hadir terdiri dari Denia Isetianti (Founder Cleanomic), Maurilla Imron (Founder Zerowaste.id), Dicky Loebis (Community Specialist dari National Geographic #SayaPilihBumi), Hana Nur Auliana (Business Development Waste4CHange), Astri “Atiit” Puji Lestari (Concious Consumer), dan Agus Supriyanto (Kepala Seksi Bina Peritel Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan). Seru sekali kan pembicaranya?

Acara dibuka oleh Maurilla Imron yang merayakan ulang tahun zerowaste.id yang pertama. Mauril menjelaskan bagaimana alasan awal mula zerowaste.id didirikan dan apa sih harapan zerowaste.id untuk masa depan permasalahan plastik di Indonesia. Selanjutnya, giliran Founder kami, Denia Isetianti, yang tampil dan menginspirasi audiens dengan cerita dibalik Cleanomic didirikan dari concern mengenai sampah plastik yang begitu merajalela. Dari situlah, Cleanomic dibangung untuk menjadi tempat masyarakat memulai gaya hidup peduli lingkungan.

Selanjutnya, materi kembali diisi oleh Hana Nur Auliana mengenai pengurangan sampah plastik yang telah dilakukan oleh Waste4Change selaku pemilah sampah profesional yang membantu untuk memanusiakan pengempul sampah. Karena masih banyak masyarakat yang memandang sebelah mata pengempul sampah walaupun peran mereka begitu penting dalam mengurangi permasalahan sampah di Indonesia. Diikuti dengan Dicky Loebis yang menjelaskan mengenai campaign #SayaPilihBumi yang dicanangkan oleh National Geographic untuk mengurangi sampah plastik di Indonesia. Setelah itu, audiens dan pembicara menonton screening film pendek oleh Pulau Plastik mengenaik masalah sampah yang dihadapi oleh masyarakat di Bali.

Suasana hening para audiens saat screening film Pulau Plastik

Saatnya Atiit berbagi pengalaman serunya kepada audiens sebagai “concious consumer” yang memiliki perlengkapan di tasnya kemanapun dia pergi guna tidak menghasilkan sampah sama sekali. Contohnya, dengan membawa kantong silikon untuk jajanan, botol minum, reusable masker, tempat makan, dan sapu tangan. Langkah-langkah seperti ini begitu berarti jika memang dari diri kita sendiri, walaupun Atiit pun mengakui bahwa terkadang suka lupa, tetapi langkah-langkah yang diambil lebih baik dibandingkan tidak sama sekali kan?

Yang ditunggu-tunggu adalah materi dari Pak Agus mengenai sudut pandang pemerintah terhadap permasalahan sampah yang ada saat ini. Dari hasil survey, dinyatakan 72% masyarakat sudah sadar mengenai dampak sampah di Indonesia, saatnya untuk mulai melakukan langkah-langkah mengurangi sampah mulai dari berhenti memakai single-use plastic. Nyatanya juga 50% sampah yang berakhir di TPA merupakan kantong kresek sekali pakai! Kebayang dengan masa penggunaan plastik yang tidak sampai 5 menit akan berakhir di TPA untuk mengurai hingga 1.000 tahun. Sedih ya…

Contoh eco-enzyme yang dibuat sebelumnya oleh Mauril

Acara ditutup dengan tutorial eco-enzyme yang dibimbing oleh Mauril, walaupun sudah mulai gelap tetapi adiens tetap antusias dengan tutorial eco-enzyme. Bahkan, ada loh yang sudah pernah mencoba di rumah dan berbagi pengalamannya dengan audiens lainnya. Setelah acar ditutup, pembicara dan para audiens berbincang lebih personal lagi dan tentunya saling bertukar pikiran. Senangnya lagi, mini store zero waste kami penuh pengunjung dan mereka antusias untuk memulai mengurangi sampah dengan produk-produk dari Cleanomic!

Terima kasih kepada semua yang sudah berpartisipasi agar acara ini berjalan lancar dan we are so happy to welcome you to our mini store! Let’s wait for the next cool event for you from Cleanomic ya.

View this post on Instagram

[UPDATED POSTER] Halooo, we’ll be hosting yet another exciting event to celebrate our sister partner who started this journey right from the start with us @zerowaste.id_official!!!! . . Kami mengundang seluruh warga Jakarta yang peduli lingkungan dan isu sampah di Indonesia untuk turut hadir sekaligus merayakan bersama Hari Ulang Tahun Ke-1 @zerowaste.id_official dan Peringatan Hari Bumi. Karena tempat terbatas, first come first serve yahhhh. Rabu, 3 April 2019 @dikolom.spaces Pukul 3-6PM Acara ini didukung oleh: @sayapilihbumi @cleanomic @waste4change @sustaination @kopernik.info @kementerianlhk // Ajak temanmu sebanyak-banyaknya dengan tag mereka dan sebutkan kenapa alasanmu ingin datang ke acara ini pada kolom komentar di bawah. Kami akan pilih 1 nama secara acak untuk mendapatkan produk zero waste pada akhir minggu depan.

A post shared by cleanomic (@cleanomic) on

April 13, 2019

0 responses on "Sustainability Starts With You | Zerowaste.id x Cleanomic"

Leave a Message

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

top
2019 © Cleanomic. All rights reserved.
0