Selamat Hari Bumi

Selamat Hari Bumi!

Hari ini kita kembali memperingati Hari Bumi (22 April) dan soon after that, Hari Lingkungan Hidup (5 Juni). Oleh karena itu, untuk mendukung kedua hari penting lingkungan, Cleanomic akan adakan special program untuk kamu yang peduli lingkungan!

Siapkan cerita dan foto aksimu yang mendukung upaya perbaikan kualitas lingkunganmu, dan share ke cleanomic ya, supaya yang lain bisa terinspirasi dan berkontribusi juga untuk lingkungannya. Cleanomic akan adakan 6 kali weekly challenge postingan singkat dan fotonya, dan writing challenge, semua tentang aksimu untuk lingkungan. Karena ada challenge, Cleanomic juga adakan hadiahnya setiap minggunya untuk 1 pemenang yang dengan like terbanyak dan tulisan terbaik. Syarat dan ketentuan bisa kamu cek di sini.

Yuk kita lebih mengenal lebih dalam lagi apa sih Hari Bumi dan juga Hari Lingkungan Hidup.

Hari Bumi awalnya diinisiasi oleh Senator Gaylord Nelson dari Amerika Serikat pada tanggal 22 April 1970 dengan tujuan untuk fokus kepada masalah bersangkutan dengan lingkungan. Tanggal 22 April dipilih karena hari ini tidak bertentangan dengan hari libur keagamaan, dan berada pada minggu di mana siswa bebas dari ujian dan lebih mungkin berada di kelas (dengan referensi kondisi di Amerika). Hari Bumi kemudian dirayakan setiap tahun pada tanggal 22 April.

Dilansir di https://www.conserve-energy-future.com/What-is-earth-day-and-earth-day-activities.php bahwa pada tahun 1990 (tahun ke-20 Hari Bumi dilaksanakan) telah menarik hingga 200 juta orang dari total 141 negara di dunia untuk mendukung tujuan dari Hari Bumi. Peringatan 30 tahun Hari Bumi diadakan pada tahun 2000. Hari ini mengadakan banyak kegiatan yang sama dengan Hari Bumi 1990, kecuali dengan manfaat tambahan dari internet, yang menyelenggarakan acara tersebut dalam skala besar dan akan terbukti sangat berharga untuk tahun-tahun mendatang. Fokus Hari Bumi saat itu adalah pada energi bersih dan diproduksi pada skala yang bahkan lebih besar daripada Hari Bumi 1990. Itu menarik di 184 negara (44 negara dari tahun 1990) dan meminta keterlibatan lebih dari 5.000 organisasi lingkungan. Kegiatan Hari Bumi untuk tahun 2000 dari membentuk rantai drum yang dapat berbicara dan bepergian di Gabon, Afrika Barat) dan pertemuan ribuan orang di Washington D.C.

Sedangkan Hari Lingkungan Hidup Sedunia adalah dimotori oleh United Nations Environment Programme (UNEP) untuk menciptakan kesadaran dan tindakan di seluruh dunia untuk lingkungan. UNEP terdiri dari anggota komite terpilih dari berbagai negara yang bekerja bersama untuk mempromosikan isu-isu lingkungan melalui pembuatan perjanjian dan peraturan bagi negara-negara untuk menandatangani yang didasarkan pada inisiatif hukum lingkungan, kesehatan lingkungan dan kelestarian lingkungan. Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang pertama dirayakan pada tahun 1973 dan sejak itu telah diselenggarakan oleh kota yang berbeda dengan tema yang berbeda.

Hari Lingkungan dirayakan tidak hanya sebagai upaya pendidikan publik, tetapi juga merupakan cara bagi pelestari lingkungan dan pendukung lingkungan untuk merayakan kerja keras dan keberhasilan mereka sepanjang tahun. Ini menyerukan tindakan dari orang-orang dari berbagai bagian masyarakat untuk melakukan sesuatu untuk lingkungan sehingga upaya kolektif mereka dapat memiliki dampak positif terhadap lingkungan. (https://www.conserve-energy-future.com/what-is-world-environment-day.php)

Setelah membaca faktanya memang tidak terlalu berbeda yah antara keduanya, apalagi kedua hari itu dirayakan oleh banyak negara di dunia, termasuk di Indonesia. Kedua hari itu intinya adalah waktu untuk kita merefleksikan diri apa saja yang telah kita lakukan untuk bumi dan lingkungan hidup kita, dari hal yang baik dan yang buruk juga ya! Intinya apa sih yang harus kita lakukan supaya kita gak berbuat kerusakan (yang lebih jauh lagi) di muka bumi ini?

Nah, tema global untuk Hari Bumi adalah Protecting the Species dan untuk Hari Lingkungan Hidup adalah Polusi Udara. Percayalah, dua-duanya sangat nyambung dengan apa yang telah selama ini kita upayakan sama-sama: #zerowaste (atau mungkin ada rekan-rekan yang lebih berkenan dengan istilah #lesswaste yaa)! Kenapa? karena emang begitu kita nyampah, efeknya gede banget untuk lingkungan, apalagi kalau sampahnya gak dikelola dengan baik. Tunggu tulisan Cleanomic untuk lebih lengkapnya yah!

Untuk Weekly Challenge pertama, kirimkan foto dan postingan singkat kamu untuk mengurangi sampah di tempat beraktivitas ya. Bisa di kantor, bisa di tempat kuliah/sekolah, bisa sendiri, bisa rame-rame, yang penting kece! Syarat dan Ketentuannya bisa kamu cek di sini ya.

April 22, 2019

0 responses on "Selamat Hari Bumi"

Leave a Message

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

top
2019 © Cleanomic. All rights reserved.
0