Artikel ini merupakan hasil kontribusi dari Astri Rantini. Jika kamu punya cerita seputar gaya hidup minim karbon dan green economy, silakan kirim tulisanmu ke cleanomic@gmail.com untuk kami bagikan ulang ke pembaca Cleanomic.
Sehabis makan buah naga, where does the dragon fruit skin end up in? Apakah di tong sampah, atau mungkin di lubang kompos yang ada di rumah? Good news; kulit buah naga masih bisa diolah menjadi sesuatu yang punya nilai guna! This being said, kulit dari buah naga nggak seharusnya berakhir di tempat pembuangan.
Faktanya, dari satu buah naga merah, 22% di antaranya adalah kulitnya. Cukup banyak dan sayang kalau tidak dimanfaatkan bukan? Lalu memang bisa dimanfaatkan menjadi apa sih, si kulit buah naga merah ini?
Asti Rantini, atau yang dipanggil Ranty, mengolah kulit buah naga menjadi selai. Kalau kita telaah kandungannya, memang si kulit buah naga ini punya beberapa khasiat bagi tubuh. Mulai dari antioksidan, vitamin C, E, kalsium, hingga antosianin terkandung di dalam kulit buah naga. Jika dikonsumsi, dapat mencegah kanker, tumor, penyumbatan pembuluh darah, memperkuat sistem imun serta melembabkan kulit.  Kulit buah naga ini juga mengandung senyawa aktif pentacyclic triyepe taraxast 20ene 30aol dan taraxast 12,20 (30) dien 3aol yang berfungsi untuk melindungi kelenturan pembuluh darah!
Find out the step-by-step guide, ahead.
Foto oleh Astri Rantini
  • Cuci 1 buah naga, kupas, serta pisahkan kulit dari dagingnya.
  • Bersihkan kulit yang sudah terpisah dari daging dari sisik berwarna hijau.
  • Potong berbentuk dadu, kemudian masukkan ke dalam blender. Setelah selesai diproses oleh blender, masukkan selai yang setengah jadi ke dalam wajan. Tambahkan gula secukupnya sesuai selera. Ranty menggunakan 10 sdm gula.
  • Masak dengan api kecil, aduk hingga mengental selama kurang lebih 15-20 menit.
  • Langkah opsional, tambahkan cengkeh atau kayu manis untuk memperkaya rasa.
Jadi deh! Selai kulit buah naga dapat dijadikan teman makan roti tawar atau pancake. Untuk resep membuat pancake homemade sederhana, bisa mengacu ke resep-resep yang beredar di internet ya.
Selamat mencoba!
Juli 11, 2020

Product Best Sellers

1 responses on "Mengolah Kulit Buah Naga Menjadi Selai"

Leave a Message

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *