Puasa = menjaga lingkungan!

Tenang, tulisan ini gak SARA kok. Tapi hanya mengambil salah satu esensi dari puasa yang sebentar lagi akan dijalankan oleh umat Islam di seluruh dunia. Puasa maksudnya menahan diri, terutama dari keinginan yang gak penting! Nah, ini sejalan banget dengan upaya yang perlu kita lakukan untuk menjaga lingkungan.

Sesuai dengan tema Hari Bumi tahun ini, yaitu Protecting the Species, apa yang kita perlu lakukan sebenarnya adalah dengan menjaga habitat para hewan, yaitu ya lingkungan kita ini. Beberapa cara yang mujarab, bisa dimulai dengan puasa. Ya, puasa! Yaitu mengurangi konsumsi kita, dan benar-benar berpikir tentang produk yang kita beli dan dampaknya terhadap lingkungan. Be mindful about what we consume! (Earth Day Network, 2019). Beberapa tips berikut mudah-mudahan bisa membuat kita sama-sama menjaga lingkungan kita:

  1. Apakah produk kita ramah lingkungan? Misalnya produk organik, yang jaraknya tidak terlalu jauh dari tempat tinggal kita. Atau mengurangi produk yang mengandung microplastic, (Tunggu ya tulisan Cleanomic tentang ini ;P) atau menggunakan produk natural dari produsen lokal.
  2. Beli produk dalam partai besar. Kenapa? Karena dengan partai besar, pada umumnya semakin besar pula kemungkinan kemasannya lebih bernilai ekonomis dan dapat didaurulang.
  3. Sejalan dengan puasa, jangan kalap ketika berbuka! Beli makanan secukupnya, dan sedapat mungkin selalu sediakan wadah makanan/minuman, sehingga kamu gak perlu kemasan yang cuma sekali pakai saja: puasa nyampah juga!
  4. Kurangi energi dan sejumlah hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi jejak karbon kamu secara langsung, di rumah, di tempat kerja, dan saat bepergian. Banyak banget loh yang bisa kamu kerjakan misalnya, ganti bola lampu pijar yang tidak efisien dengan CFL atau LED sehingga tidah mengambil daya yang banyak. Matikan lampu saat kamu meninggalkan ruangan. Gunakan transportasi umum juga bisa mengurangi carbon footprint kamu, terlebih jika kamu bisa bersepeda malah makin bagus loh. Matikan dan cabut elektronik yang tidak kamu gunakan. Ini termasuk mematikan komputer atau ponsel kamu di malam hari. Teleconference alih-alih bepergian dengan pesawat, jika kamu terbang lima kali per tahun atau lebih, perjalanan-perjalanan itu kemungkinan menyumbang 75% dari jejak karbon pribadi kamu loh, gede ya.
  5. Mencegah polusi akibat limbah plastik dengan kurangi konsumsi kamu yang memakai plastik sekali pakai atau bahkan jangan sama sekali ya! Daur ulang dan bertanggung jawab atas sampah yang kamu hasilkan. Ikut acara-acara seperti beach cleanup untuk membersihkan sampah-sampah plastik yang dapat membahayakan spesies lain. Bergabung dengan kampanye untuk meyakinkan bisnis, acara besar, sekolah, dan universitas untuk memilih peralatan, baki, dan piring non-plastik untuk acara mereka.


Gimana? Ternyata tidak sulit kan. Selagi menjalankan puasa kamu juga bisa mendapatkan pahala dengan berbuat baik juga untuk lingkungan. Jangan lupa ikutan weekly challenge Cleanomic di Ramadhan ini yah! Untuk share dengan yang lainnya mengenai kontribusi kamu untuk membuat #RamadhanUntukBumi. Dapatkan juga giveaways setiap minggunya untuk kamu dengan post terbaik! Lihat syarat dan ketentuannya di sini.

0 responses on "Puasa = menjaga lingkungan!"

Leave a Message

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

top
2019 © Cleanomic. All rights reserved.
0