top of page

The Oak Tree Cafe: Kedai Kopi Minim Sampah di Surabaya



Kegemaran minum kopi di Indonesia sudah ada sejak puluhan tahun lalu dan terus meningkat hingga kini. Hal ini juga beriringan dengan bertumbuhnya persaingan bisnis kedai kopi di Indonesia yang kemudian menempatkan Indonesia menjadi negara dengan konsumsi kopi terbanyak ke-5 di dunia. Jumlah konsumsi kopi di Indonesia mencapai 5 juta kantong berukuran 60 kg pada periode tahun 2020/2021 menurut data dari International Coffeee Organization (ICO).


Diluar dari keuntungan ekonomi yang didapat, kita tau bahwa pesatnya bisnis kedai kopi modern dengan sistem take away juga menimbulkan masalah lingkungan. Yap, sampah dari kemasan plastik yang digunakan! Mengingat hal itu, kita sebagai konsumen maupun sebagai owner dari bisnis kopi harus bijak memilih langkah apa yang bisa diambil untuk menangani isu lingkungan ini.


The Oaktree cafe jadi satu diantara kedai kopi di Indonesia yang telah memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga stabilitas industri kopi dan kelestarian lingkungan.


The Oaktree cafe yang terletak di Surabaya, Jawa Timur ini menerapkan konsep less waste coffe shop sebagai bentuk tanggung jawab dan kepeduliannya terhadap lingkungan. Diskon 20% pada tiap pembelian diberikan pada konsumen yang secara sadar membawa tumbler sendiri untuk kopi take away. Hal ini dilakukan untuk menumbuhkan semangat para konsumen mendukung gerakan minim sampah ini.


Selain itu mereka juga sudah beralih loh menggunakan plastik ramah lingkungan yang terbuat dari singkong atau disebut "Telo Bag" sebagai pengganti plastik kemasan take away. Gelas kopi take away yang mereka gunakan juga terbuat dari bahan nabati yang 100% compostable dan dilengkapi dengan sedotan bambu.



Dripper kopi yang biasanya terbuat dari kertas sekali pakai juga diganti dengan dripper berbahan lain yang memungkinkan digunakan berulang kali dengan tetap mempertimbangkan keutuhan dan kualitas rasa yang dihasilkan. Ini juga jadi upaya mereka mengurangi sampah kertas, keren yaa!


Para barista di The Oaktree cafe juga turut diberdayakan untuk mengolah ampas kopi menjadi kompos yang kemudian bisa digunakan menjadi pupuk untuk menyuburkan aneka tanaman di taman mereka.



Ambience di kedai kopi satu ini sangat nyaman, tersedia banyak bahan bacaan yang bisa dinikmati sembari minum kopi yang asalnya dari petani lokal di seluruh penjuru nusantara. Menurut mereka, rasa lokal harus dikenal karena kenikmatannya, menikmati kopi asal nusantara juga berarti bahwa kita mendukung keberlanjutan petani-petani dan bisnis kopi di Indonesia untuk mendunia.


Kamu yang tiggal di Surabaya, atau yang sedang staycation di Surabya wajib singgah di kedai kopi satu ini yaaa. Cek Instagram @theoaktree.sub untuk info lengkapnya!


1 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page