top of page

Kumparan Green Initiative Confrence 2024: Kontribusi Media untuk #CuanLestari


Cleanomic berpartisipasi di acara Kumparan Green Initiative Conference 2024! Acara yang berlangsung tanggal 24-25 September ini resmi dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Dengan mengangkat tema “Mendorong Keberlanjutan Melalui Kolaborasi Multi-Sektor: Solusi untuk Tantangan Lingkungan Indonesia", acara ini menjadi langkah Kumparan dalam mewujudkan masa depan Indonesia yang lebih hijau.

Yang menarik perhatian Minomic pada acara ini adalah lanyard ramah lingkungan! Ternyata Kumparan berpartner dengan Liberty Society, membuat inisiatif lanyard untuk peserta conference dari bahan-bahan daur ulang, seperti serat alami dan plastik daur ulang. Kumparan juga menggandeng Magalarva, sebagai Official Food Waste Management Partner untuk memastikan semua sampah makanan yang dihasilkan dari acara diolah secara berkelanjutan, menjadi sumber daya yang bermanfaat. Semua kantong sampah yang digunakan dalam acara ini juga terbuat dari bahan mudah terurai dan ramah lingkungan, yaitu cassava bag dari Cassaplast. Inovasi conference ramah lingkungan yang bisa jadi contoh kan?!



Green Initiative Conference 2024 menghadirkan pemangku kepentingan dari berbagai latar belakang, individu, komunitas, perusahaan, hingga pembuat kebijakan. Ini sebagai bentuk upaya Kumparan agar seluruh lapisan masyarakat dapat bekerja sama dalam menciptakan masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan.


Kumparan juga meluncurkan kanal Green Initiative pada Agustus 2024 lalu, sebagai wadah untuk menyediakan informasi terkini mengenai upaya berbagai pihak untuk mendukung masa depan hijau Indonesia. Melalui pemberitaan dan kolaborasi multi-sektor, Kumparan berharap dapat membuka wawasan tentang gaya hidup berkelanjutan dengan jangkauan yang lebih luas. Informasi mengenai gerakan hijau itu bisa ditemukan di kanal Green Initiative yang dapat diakses melalui link berikut ya! kumparan.com/greeninitiative.



Di hari kedua, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Bahlil Lahadalia membuka acara dengan keynote speech yang berisi dorongan bagi masyarakat untuk bersama membangun masa depan energi rendah emisi di Indonesia. Menurutnya untuk mendorong penggunaan energi terbarukan dibutuhkan komitmen yang kuat, konsep yang baik, sumber daya alam yang melimpah, dan regulasi yang mendukung.


Cleanomic juga setuju dengan pernyataan beliau, bahwa benar saat ini media nasional memang perlu memiliki intelegensi untuk membuat perencanaan pada kebutuhan isu global yang ada.


Dengan adanya acara ini, komitmen lestari Kumparan dapat menjadi percontohan sebagai media yang tidak hanya menyajikan data dan fakta tetapi juga menawarkan analisis yang relevan dengan kebutuhan global melalui pembahasan energi hijau, industri hijau, dan produk hijau yang menjadi isu global saat ini.


Yuk dukung langkah Kumparan sebagai media lestari di Indonesia!

 



6 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page