top of page

Ecoplease: Solusi Eco Packaging Dari Ampas Tebu



Kemasan jadi hal yang tidak bisa terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Hampir seluruh benda di dunia ini disajikan atau dijual dalam berbagai bentuk kemasan, salah satunya adalah produk makanan. Sejak dahulu makanan-makanan tradisional sudah dikenal dengan kemasan seperti daun pisang, daun waru, daun pandan, besek (kotak makan dari bambu), cobek batu dan aneka cutleries berbahan kayu. Sekarang, kemasan-kemasan tersebut telah bertransformasi menjadi kemasan yang dianggap lebih efisien, murah, dan mudah ditemukan seperti kardus, plastik dan styrofoam.


Kita begitu terbiasa dengan gaya hidup yang nyaman sehingga sering lupa untuk menghitung dampak yang ditimbulkan dari kemasan-kemasan tersebut terhadap lingkungan. Saat ini data menujukan sekitar 60,8 juta plastik diproduksi tiap tahun di Indonesia, dan hanya 10% diantaranya yang ter-recycle. Sementara sisanya di lenyapkan dengan cara dibakar atau menumpuk begitu saja di TPA bahkan mencemari sungai, laut dan danau.



Berbeda dengan Ecoplease, mereka percaya bahwa kenyamanan (produk sekali pakai), seharusnya tidak mengorbankan lingkungan. Sejak 2020, Ecoplease melakukan penelitian dan eksperimen untuk menemukan alternatif ramah lingkungan terbaik untuk menggantikan produk kemasan sekali pakai. Yang kemudian menghasilkan produk kemasan makanan ramah lingkungan berbahan dasar ampas tebu dan serat bambu.


Dengan material yang lebih renewable seperti limbah ampas tebu dari sisa pabrik gula dan serat bambu, yang keduanya memiliki pertumbuhan yang cepat dan berlimpah di Indonesia. Ecoplease ingin menyediakan poduk yang 100% compostable sehingga bisa terurai dalam waktu 90-180 hari tanpa melewati proses industrial composting, karena nyatanya tidak semua produk biodegradable dapat terurai sempurna tanpa fasilitas industrial composting.


Proses produksi Ecoplease tidak menciptakan polusi air karena alami dan suhu pemrosesan dikontrol secara ketat di bawah 200° C untuk secara efektif memastikan emisi karbon rendah. Ampas tebu diolah menjadi lembaran bagasse yang kemudian dapat dicetak menjadi berbagai bentuk kemasan makanan tanpa lapisan plastik lining alis 100% bebas plastik!


Tapi tenang aja, kemasan dari Ecoplease tidak akan meleleh dalam minuman panas maupun dingin karena tahan suhu dari -20° - 100° C, aman dimasukan ke freezer dan microwaveable. Kemasan dari Ecoplease juga telah tersertifikasi Rumah Kompos, TUV Rheiland OK, SGS, FDA, BPO Compostable.



Saat ini ada sekitar 61 produk Ecoplease mulai dari take away box, cutleries, sedotan, piring, coffe cup dll yang produknya telah berpartner dengan banyak brand di Indonesia. Kalau kamu tertarik untuk mengubah bisnis kamu jadi lebih ramah lingkungan, kamu bisa hubungi Ecoplease melalui Website atau Instagramnya untuk custom produk sesuai kebutuhan packaging yang kamu mau. Atau bisa beli produkna via Tokopedia dan Shoppe ya!


1 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page