top of page

9 Podcast Show tentang Clean Economy

Diperbarui: 12 Des 2023


Mendengarkan podcast sudah menjadi hal cukup rutin buat-ku karena aku ngerasa dengerin podcast adalah salah satu kegiatan produktif yang aku bisa lakukan multitasking, misalnya pas lagi di jalan commuting, lagi beresin dapur sambil masak, lagi ngerjain blog post buat cleanomic dan lain-lain. Plus, lumayan bisa buat ngurangin screen time juga sih karena kalau lagi dengerin podcast ga mesti terus-terusan ngeliatin layar handphone. Mumpung sekarang lagi kerja di rumah, kebiasaan ini tetep aku jalankan karena banyak hal yang bisa kita pelajarin dengan mendengarkan podcast.


Sebenernya ada banyak podcast yang ngebahas tentang zero waste atau minimalism, seperti the minimalism podcast, Lyfe with Less yang aku juga lumayan sering dengerin.  But my personal favorite podcast show adalah podcast yang banyak ngebahas soal topik clean economy dan sustainable business practises. 


Economy dan sustainability adalah topik yang menurutku harus dibahas bersamaan karena keduanya merupakan bagian dari kehidupan manusia yang tidak bisa dipisahkan.  Aspek economy dan sustainability juga banyak banget yang bisa dibahas, dari mulai ngebahas perusahaan rintisan (start-ups) yang mengembangkan teknologi baru untuk menggantikan produk yang tidak ramah lingkungan, atau  hal apa saja yang dilakukan multi-nasional corporation untuk mengurangi jejak karbon secara global, sampai podcast khusus membahas kosmetik organik dari sisi science-nya.


So, buat kamu yang juga tertarik dengan topik ini, kamu bisa simak daftar podcast di bawah ini:




Podcast ini banyak membahas dan berdiskusi dengan para individu pelaku environmental campaigns, organisasi dan startups.  Podcast ini bisa jadi pilihan pertama buat kamu yang ingin mulai belajar tentang sustainability, tapi bingung mulai dari mana.  Topik dan pembahasannya juga bervariasi, dari membahas tentang vegan, membuat kebun untuk memenuhi kebutuhan pangan, sampai sustainable responsible and impact investing (my fav!). Plus, di website nya a sustainable mind, setiap episode disediakan podcast note dan contail detail setiap guest speakernya untuk kamu cek lebih lanjut.


Podcast ini bagian dari media channel-nya GreenBiz yang memang merupakan news outlet international yang khusus membahas sustainable business.  Greenbiz350 pembahasan agak lebih serius karena mereka angle-nya typical journalist banget seperti  pembahasan hasil rapat pemimpin negara World Economic Forum di Davos atau kebijakan lingkungan suatu negara.  Podcast ini sumber yang oke banget untuk cari tau tentang climate initiative big corporation yang karena mereka banyak interview pihak manajemen dari Coca Cola, Unilever, Tesla, Wallmart dan masih banyak lainnya.



Podcast ini khusus membahas para perempuan yang berkarir di bidang eco business, environmentalism, dan konservasi.  Cleanomic adalah perusahaan yang didirikan dan dijalankan oleh perempuan, podcast ini jadi relatable banget buat aku dan banyak banget inspirasi yang aku dapet ketika mendengarkan cerita sepak terjang perempuan yang membangun karirnya berdasarkan values dan kepedulian terhadap lingkungan.  For you girlboss out there, this podcast is for you!




Nah, kalau podcast ini aku juga suka banget karena ngebahas tentang organic cosmetic industry dan yang di interview adalah para scientist dan professional cosmetology and chemists.  Sekarang kan banyak banget nih kosmetik atau personal care product yang claim kalau produknya organik, non SLS, non paraben dan seterusnya.  Apa sih itu semua? Sebenernya bisa aja kita google, atau kalau pun ada yang membahas, mungkin yang membahas hanya meng-quote dari media or google research juga.  Nah kalau disini, yang diinterview legit banget karena orang-orangnya memang yang memiliki pendidikan dan profesional background di industri ini specifically.  Podcast ini ngebahas semua aspect dari healthy, clean and beauty science.




Pernah denger Sustainable Development Goals atau SDGs? Podcast ini banyaaak banget ngebahas topik tentang SDGs dan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari serta kegiatan bisnis.  Kalau temen-temen baca, SDGs terdiri dari beberapa goals yang sudah ditetapkan oleh PBB, dan di podcast ini, mereka punya berbagai episode yang membahas dan bertemakan dari masing-masing goals tersebut.




Ini salah satu favorit Minomic karena selain pembahasannya serius tapi mudah dicerna, orang-orang yang diinterview dalam podcast ini variatif banget dan berasal dari berbagai belahan dunia.  It shows how big this community has grown so far, dan seneng banget denger cerita temen-temen yang punya concern yang sama.  Selain berdiskusi dengan big institution, seperti Procter Gamble dan WWF,  Zero Waste Countdown juga banyak sharing tips tentang hal yang bisa kita lakukan sehari-hari misalnya berZeroWaste ketika Christmast.



Podcast ini sebenernya belum ada episode baru sejak tahun 2017, tapi kita masih bisa dengerin episode yang ada dibikin sama host nya dari sejak 2015.  Podcast ini khusus ngebahas tentang cara membuat rumah yang ramah lingkungan, pas banget karena kami sedang membangun #MinisponsibleHouse jadi seneng dengerin diskusi di podcast ini yang ngomongin fitur-fitur seperti greywater system, off grid home design, sustainable building dan lain-lain.




Good Together adalah podcast show yang lumayan baru dan aku nemuin ini karena direkomendasikan oleh apple podcast, and I love it!   Apple podcast bahkan menyebutkan podcast ini sebagai top podcast for conscious consumers!  Pembahasannya juga ringan dan ngomongin hal yang sehari-hari, seperti how to travel ethically, waste less with minimal gifting, and how shopping online impacts the planet. Plus, Hostsnya juga punya blog yang aku suka banget, Brightly.Eco, highly recommended untuk dilihat-lihat.



Last but not least, I have to mention our very own podcast, #CleanomicRadio.  Cleanomic seneng banget menghighlight dan ngobrol dengan individu-individu keren yang punya bisnis, initiative or concerns yang punya misi sejalan dengan clean economy, seperti Yayasan Rumah Energy yang ngebahas renewable energy, startups yang punya misi social dan lingkungan seperti Rubah Kertas, Igogreen dan Cacing Kompos Breader dan masih banyak lainnya.  Ada lebih dari 20 episode (and more to come) di library-nya podcast kami yang bisa kamu dengerin, baik di website ini, spotify, apple podcast, dan anchor.


That’s it, semoga informasi ini bermanfaat dan kalau kamu punya info soal podcast show favorite kamu, bisa share di sini yah!

32 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page