Kami di cleanomic percaya, kalau semua orang berhak untuk memperoleh kesejahteraan, ini sudah diatur oleh UU dasar lho.  Salah satu caranya, adalah dengan berkegiatan ekonomi, tapi kami juga sadar bahwa kegiatan ekonomi harus diupayakan sebisa mungkin agar tetap menjaga  kelestarian alam.
Kenapa? Karena kita ga hidup sendiri, ada anak-anak kita, anaknya anak-anak kita nanti dan generasi mendatang.  Jangan sampai kebutuhan dan keinginan kita sekarang, mengorbankan kebutuhan mereka di masa yang akan datang.      Jangan sampai kebutuhan kita terlalu berlebihan yang akhirnya mengakibatkan generasi mendatang kesulitan untuk memenuhi kebutuhan mereka.
Bekerja, berkegiatan ekonomi dan mencari penghasilan atau profit bukan sesuatu hal yang harus menjadi salah, karena kita semua ingin hidup sejahtera.  Tinggal porsinya dan caranya yang kita tata dan pastikan agar keberlangsungan hidup dan alam tetap terjaga dengan baik.  Banyak ilmu dan informasi di luar sana yang sedikit demi sedikit jika dipelajari dapat membawa kita menuju progres yang lebih baik.
This is our dream and our mission,  clean economic. 

Di episode kali ini, aku ngobrol-ngobrol sama Gita Syahrani dari Kabupaten Lestari, obrolan ini terinspirasi dari tulisan ini dan seneng banget ketemu dengan Ghita karena beliau adalah contoh nyata orang yang berhasil menyelaraskan pekerjaan dan usaha yang dia lakukan, untuk sekaligus mendukung alam. Apalagi #greenjobs yang Ghita pernah lakoni, tidak satu atau dua saja, tapi banyak!  Gita cerita bahwa ada 10 profesi yang benar-benar dibutuhkan Indonesia saat ini untuk membangun ekonomi lestari, yaitu:⁠

1. Data scientist⁠
2. Corporate Lawyer (eheem!)⁠
3. Engineer⁠
4. Social Scientist – Antropolog⁠
5. Investment Manager⁠
6. Engineer ⁠
7. Petani dan Peternak⁠
8. Communication – Social Media Specialist ⁠
9. Seniman⁠
10. Jurnalis / Media ⁠
Pelajaran utama yang bisa diambil dari bahasan ini adalah apapun profesi dan pekerjaan kita, pasti selalu ada cara untuk menjaga kelestarian lingkungan.  Simak cerita lengkapnya di podcast ini yah.
Hope this inspires you to do great things! Enjoy!
Mei 11, 2020

Product Best Sellers

0 responses on "Pilihan karir dan profesi yang mendukung kelestarian lingkungan"

Leave a Message

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *