Mengurangi Sampah dan Kreasi Daur Ulang

Catatan editor: Akhirnya setelah sekian lama, kami kembali menghadirkan cerita hasil kontribusi dari teman-teman yang sudah berbaik hati berbagi pengalamannya seputar usaha mengurangi sampah di kehidupan sehari-hari.  Cerita kali ini datang dari Maria, yang sudah memulai usaha nya untuk mengurangi sampah sekaligus berkreasi dengan mendaur ulang nya untuk menjadi sebuah karya seni.  Terima kasih yah Maria, ceritanya sangat inspiratif sekali! 
Aku adalah orang yang sudah terbiasa bawa tumbler sejak lama (untuk biasain minum banyak), sebisa mungkin selalu buang sampah di tempatnya.  Aku juga orang yang gampang iba dengan hewan dan tumbuhan.   Sampai akhirnya, aku pun tergerak untuk belajar hidup zero waste dan less plastic karena sering liat postingan teman-temen di social media tentang hewan yang mati tragis karena sampah-sampah kitaa. Aku sampe nangis, karena mikir betapa egoisnya kita.
zero waste kit
Tuhan ciptakan bumi ini bukan untuk dirusak siih menurutku, tapi agar semua bisa hidup dengan damai, tak terkecuali hewan dan tumbuhan.
Jadi mulai 2019 ini, aku mulai tekun bawa alat makan dan minum reusable ke kantor atau kemanapun.  Aku siapin tas reusable pengganti plastik untuk belanja dan kalau pergi ke luar rumah.  Aku juga mulai memilah sampah yang sebelumnya ga pernah aku lakukan,  Aku juga memperhatikan semua sampah ku, dari yang di rumah hingga sampah di kantor (di mejaku).
Sometimes ada aja temen atau orang -orang yang ngeliat usaha ku mengurangi sampah ini malu-maluin, bahkan ngetawain aku.   Yaah maklum aja sih, namanya perubahan itu ga gampang diterima semua orang karena kita emang mendobrak apa yang sudah mendarah daging.    Tapi itu bukan masalah bagi aku karena aku yakin apa yang aku lakuin itu bener dan positif.
Anyway, aku juga seorang pecinta seni.  Jadi beberapa dari sampah botol plastik ataupun kardus aku bikin jadi sesuatu atau upcycle. Intinya, apa yang kita mikir itu ga berguna atau sampah, bukan tidak mungkin jadi sebuah karya yang indah dan keren (hidup kita jugaa guys). So, ayo para generasi muda. Kita ciptakan budaya positif yang baru, dimulai dari dirimu sendiri.
I’m in, are youu? 
NB : foto2 ini adalah hasil upcycleku, mulai dari botol plastik, kardus bekas, sampe sampah wadah kaca.  Semoga bisa jadi inspirasi thank you*.
Follow Maria melalui akun instagramnya: https://www.instagram.com/mariafebryjenisa/
*) Hasil penulisan telah kami edit lebih lanjut untuk keperluan editorial, namun tidak mengubah materi dan pesan utama. 

0 responses on "Mengurangi Sampah dan Kreasi Daur Ulang"

Leave a Message

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

top
2019 © Cleanomic. All rights reserved.
0