Cleanomic offline events

Beberapa minggu ini, Cleanomic ikut serta di beberapa offline event, antara lain di acara Kajian Zero Emission yang diselenggarakan oleh teman-teman di Universitas Brawijaya Malang dan Plastic Bootcamp yang diselenggarakan oleh Sana Kopi. Kami menyadari bahwa edukasi merupakan bagian penting dari usaha Cleanomic untuk mempromosikan gaya hidup #zerowaste atau #lesswaste. Makanya, kami seneng banget kalau diundang untuk hadir ke acara offline seperti ini, karena selain bisa ketemu langsung dengan teman-teman, kami bisa berbagi cerita tentang pentingnya memulai upaya mengurangi sampah terutama dari diri sendiri.


[berasa muda lagi dikelilingi Mahasiswa]

Dalam kajian zero emission di Univ Brawijaya, Cleanomic sedikit membahas mengenai salah satu penyumbang gas emisi adalah limbah. Nah, yang dapat kita lakukan untuk mengurangi emisi ini adalah dengan berusaha mengurangi sampah yang kita hasilkan sehari-hari dengan 5R nya Bea Johnson. Refuse, Reduce, Reuse, Recyle dan Rot. Dengan mengurangi sampah, maka kita akan membantu mengurangi efek rumah kaca yang dapat mengakibatkan pemanasan global.

[our first vlog]

[diskusi bareng kebunkumara, daur.id, dan Mas Abi salah satu founder dari Sana Kopi]

Acara yang diselenggarakan Sana Kopi ini juga sangat menarik. Di acara offline ini, kita seneng banget bisa ketemu para penggiat lingkungan lain seperti kebunkumara dan daur.id.

Mas Abi bercerita bahwa Sana Kopi sudah dapat mengelola hampir 90% sampah yang dihasilkan dengan bekerja sama dengan Daur.id.

Daur.id, sebagai salah satu perusahaan pengelola sampah, juga menceritakan pengalamannya dalam melakukan pengelolaan sampah serta tips yang dapat kita lakukan untuk membantu agar sampah yang dihasilkan bisa dikelola dengan baik, yaitu dengan cara mulai memilah-milah sampah sesuai dengan kategorinya (organik dan non-organik) agar hal ini membantu para pemulung supaya sampah tersebut dapat dibawa ke tempat pengelolaannya.

Kebun Kumara juga sama menariknya, mereka memberikan perspektif yang berbeda, yaitu jangan melihat sampah sebagai sampah yang tidak ada nilainya. Justru lihat sesuatu dari nilainya, misalnya sisa makanan adalah calon pupuk kompos, botol plastik adalah barang yang dapat ditukar dengan uang di bank sampah dsb.

[workshop cara membuat eco-brick]

Oya, weekend ini, Cleanomic akan hadir di Market pada acara the Balance Space by Herbana, di Aksara Kemang, 13 – 14 October ini dari jam 11 sampai dengan 8 malam. Untuk yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya, mampir yuk! Come and say hi. 🙂

April 2, 2019

2 responses on "Cleanomic offline events"

  1. kenapa video nya kecil ya?

Leave a Message

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

top
2019 © Cleanomic. All rights reserved.
0