Halo, Denia disini, sudah hampir seminggu nih kerja di rumah karena ngikutin himbauan pemerintah akibat adanya virus covid-19 yang sedang beredar di seluruh dunia. Mudah-mudahan temen-temen tetap produktif yah! So far, aku ga terlalu ngerasa kesulitan kerja di rumah karena emang udah lumayan sering WFH.  Tantangan utamanya sih emang gimana caranya bisa bikin anak-anak tetep happy dan mengerjakan peernya, dan bikin mereka sabar untuk nunggu mama papanya selesai kerja sebentar sebelum main lagi dengan mereka. Hahaha.
Beberapa hari ini, aku emang agak jarang posting di instagramnya cleanomic, which is aku sendiri juga ngerasa aneh, karena tanggal 11 Maret kemarin cleanomic ulang tahun yang ketiga! YANG KETIGA! Gila, ga nyangka banget proyek side hustle-ku ini bisa berlanjut sampai di tahun ketiga.  Cuman mungkin karena kondisinya lagi prihatin, aku kemarin-kemarin beneran ga mood untuk ngerayain bahkan posting sekalipun.
Dari awal aku mulai bikin konten untuk cleanomic, aku selalu pengen ngebahas hal yang positif.  Hal yang bisa kita, sebagai individu,  lakukan sekecil apapun itu.  Jadi kalau aku-nya sendiri lagi ga ngerasa positif, aku lebih milih untuk menunda postingan di instagram. Oya, kalau ada yang nanya, emang postingan di IG masih aku kerjain sendiri semua? Jawabannya masih! Semua konten di IG dan di blog ini aku masih kerjain semua sendiri. Hahaha.. makanya kadang jumpalitan juga di tengah sibuknya kerja kantoran ku yang masih 9 to 5 (9 to 9 kadang).
Anyway, beberapa minggu belakangan ini, aku lagi banyak mikir, mau dibawa kemana yah si cleanomic ini. Aku punya mimpi besar buat cleanomic, dan di tengah segala keterbatasan yang aku dan tim ku punya, kadang bingung juga menentukan fokus yang harus kita pilih.  Apalagi aku orangnya banyak mau kan yahh.  Aku kadang juga masih suka insecure lho tentang banyak hal, termasuk cleanomic, aku ga punya background bisnis apapun tapi tiba-tiba ga sengaja kecemplung bikin bisnis apalagi bisnis yang niche dan punya standard agak tinggi dibanding bisnis lain.  Ga jarang aku juga membandingkan dengan temen-temen serupa yang keliatannya udah lebih sukses.  Tapi alhamdulilah-nya aku punya bisnis partner yang selow, yaitu kakak ku sendiri, dia selalu bilang, “selow aja boss, rejeki udah ada yang ngatur, ga bakal ketuker.” Which is bener banget dan selalu aku coba inget setiap kali aku membandingkan diri dengan yang lain. Temen-temen ada yang pernah ngerasa kaya gini ga sih?
Oh well, mungkin karena efek anxious corona mikirnya jadi suka kemana-mana.  Hahaaha. Oya, hari ini aku baru saja menyelesaikan bab terakhir dari buku yang sedang aku tulis bareng suami-ku tentang cleanomic.  I really can’t wait to share it with you sooon. Prosesnya masih panjang sih, karena minggu ini kita baru akan submit ke editor kita dan aku masih harus melengkapi gambar ilustrasi-nya (yesss ini juga aku kerjain sendiri!) But at least, I feel like one big burden has been lifted off my shoulders dan aku bisa mulai fokus lagi ke konten-nya cleanomic sekarang and I want to show you a little snippet of my writing for our book here because i think it really reflects my current state of mind:
Babak pandemic covid-19 yang sekarang kita alami ini buat ku benar-benar menunjukkan bahwa alam punya caranya sendiri untuk menyeimbangkan dirinya dan aku sebagai manusia harus belajar lebih menghargai alam yang sudah luar biasa memberikan segala keperluan untuk aku dan keluarga.  Ketika aku dihadapkan pada situasi yang mengharuskan semua orang untuk hidup lebih pelan dan terbatas, aku jadi berpikir ulang tentang hal-hal mana yang sebenarnya esensial atau tidak untuk kehidupan kita sehari-hari.  Fasilitas yang aku biasa nikmati, belanja di pasar, ngumpul-ngumpul dengan teman, bisa travelling kesana kemari, dalam waktu singkat tiba-tiba menjadi hal yang tidak disarankan karena hal yang berada di luar kendali kita.  Aku berharap ketidaknyamanan ini hanya untuk sementara dan covid-19 cepat berlalu, tapi semoga pelajaran yang aku dapatkan dan perasaan tidak nyaman ini akan diingat terus supaya selalu sadar bahwa alam punya “kuasa” yang harus kita jaga dan hargai.  

What do you think????

In the next few days, kamu akan bisa menikmati konten-konten fresh di website cleanomic and hopefully you find them useful. Kalau ada topik atau request konten yang pengen kami bahas, share langsung di sini atau dm yah. OR, kalau kamu mau bikin tulisan buat ditayangkan disini juga boleh banget, DM atau email aja langsung ke cleanomic@gmail.com.
Oh yah, to celebrate cleanomic’s birthday and to support the #dirumahaja initiative, e-classes yang ada di website cleanomic masih gratis sampai minggu depan lho.  Jangan lupa gunakan kesempatan ini untuk nambah ilmu baru yah!
Stay safe and healthy everyone!
Mei 11, 2020

Product Best Sellers

0 responses on "Cleanomic, Corona and Climate Change"

Leave a Message

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *