Siapa yang tahun baru ini sudah punya niat untuk memulai bullet journal??? 

Apa sih bullet journal? Bullet journal adalah kegiatan menulis jurnal yang mencakup menulis jadwal, goals atau target, highlights pencapaian atau kejadian penting di hidupmu dengan metode-metode tertentu.  Kalau kamu search bullet journal di youtube, nanti bakal banyak tuh keluar referensi design bullet journal dengan segala sistem serta metode yang diciptakan oleh komunitas penggemar bullet journal ini.

Tahun 2020 ini, founder kami Denia, juga akan memulai kembali kebiasaan bullet journal nya dengan menggunakan mini notebook ini yang terbuat dari kertas sampah.

Sebagai referensi, contoh-contoh hal yang bisa kamu masukkan ke dalam bullet journal adalah sebagai berikut:

  1. Hidupmu sebenarnya penuh dengan pelajaran baru yang penting untuk diingat. Apakah itu kesalahan yang kamu buat, pencapaianmu, atau peristiwa penting yang kamu alami bersama dengan perasaan yang kamu rasakan saat itu. Mengandalkan memori bagus juga, tapi lebih baik lagi ditulis supaya kita bisa mengingat kembali pelajaran-pelajaran hidup kita itu. 
  2. Jadwal-jadwal reguler maupun target besar yang ingin kamu capai di tahun itu: bisa nyetir, mulai belajar bahasa asing, mulai memilah sampah dan mengompos, atau misalnya mulai mengurangi sampah. Itu semua bisa kamu tulis di bullet journal-mu supaya kamu bisa ingat untuk memulai aksi-aksi nyatamu, dan bukan di angan-angan aja!
  3. Buku yang ingin kamu baca, tempat yang kamu ingin kunjungi di tahun itu, atau hal-hal yang ingin kamu pelajari bisa kamu tulis juga di bullet journal-mu. Supaya apa? Supaya kamu fokus untuk mencapai hal-hal tersebut. Hal ini akan sangat membantu terutama buat kamu yang mudah terdistraksi dan gampang lupa!
  4. Tracking, alias merekam hal-hal yang ingin kamu capai secara spesifik. Misalnya, kamu ingin mengurangi jejak karbonmu? Tulis saja di bullet journal-mu, hal-hal yang ingin kamu ubah dari kebiasaan lamamu, dan tandai setiap hari apakah hal-hal tersebut sudah kamu lakukan atau belum. Contohnya, mengurangi makan daging, atau mengurangi menonton TV; nah apakah dua hal itu sudah kamu lakukan tiap harinya? Saat melakukan hal-hal baik, banyak orang cenderung over-estimate, sedangkan untuk hal-hal yang buruk, banyak orang cenderung under-estimate. Dengan merekam hal-hal ini, kamu punya catatan nyata, bukan hanya perkiraan yang ada di pikiranmu. 
  5. Terakhir, bullet journal bisa juga digunakan untuk mencatat kebiasaan baru yang kamu ingin miliki. Misalnya, bangun jam 5 untuk siapkan bekal makanan dibawa ke kantor, supaya gak usah jajan-jajan lagi. Atau misalnya tidur lebih cepat supaya istirahatnya cukup dan lebih segar keesokan hari? Boleh juga. Apapun deh, bisa kamu tuliskan. 

Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari menulis ini adalah membuat perasaanmu menjadi lebih jelas dan membuat stress-mu berkurang, makanya suka disarankan juga oleh psikolog untuk dilakukan. Menulis juga bisa membuat pemikiranmu jadi lebih terstruktur, jadi kepalamu gak mumet lagi. Dengan begini, kamu bisa lebih mengenal dirimu sendiri. Karena bullet journal untukmu sendiri, kamu juga bebas berkreasi: gak mesti tulisan, kamu juga bisa corat-coret menggambar di bullet journal ini. 

Nah, mumpung sebentar lagi mau tahun baru, sekalian kamu mulai dengan kebiasaan baru menulis jurnalmu. Bisa secara online, tapi bisa juga menulis di buku tulis. Supaya sekalian mendukung zero waste, notebook dari kertas daur ulang bisa jadi pilihan untuk bullet journal-mu.  Sekalian kamu bisa juga lihat perlengkapan stationery ramah lingkungan yang ada di website kami yah (klik disini).

Masih ga yakin? Coba lihat video di bawah ini sebagai inspirasi penulisan bullet journa kamu.

Oya, notebook ini dibuat oleh teman-teman dari komunitas @saranglebahsalatiga dan dengan membeli notebook ini kamu juga sekaligus mendukung komunitas tuna runggu yang dikelola oleh @saranglebahsalatiga.

Selamat menulis dan memulai kebiasaan baru!

Mei 11, 2020

Product Best Sellers

0 responses on "Bullet journal set up di tahun 2020"

Leave a Message

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *