Beberapa waktu yang lalu, cleanomic diundang untuk menghadiri acara “Innovation to Significantly Reduce River Plastic Waste Emissions to Indonesian Ocean”.  Acara ini diselenggarakan oleh  Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia yang bekerja sama dengan Aqua Danone.  Rangkaian acara ini pada intinya mengajak masyarakat luas, terutama anak-anak muda, untuk peduli dengan masalah lingkungan.  Ada berbagai sesi diskusi yang dihadiri komunitas-komunitas peduli lingkungan, ada Parong Pong, Go Limbah, Wilah Card, Diverscleanersaction, Hamish Daud dan lain-lain.

Highlight acaranya bisa lihat disini.

Agenda utama dari acara ini adalah presentasi dari Boyan Slat.  Siapakah dia? Boyan adalah founder dari The Ocean Cleanup, sebuah perusahaan teknologi yang membuat mesin untuk membersihkan sampah di laut dan di sungai.

Waktu Boyan berumur 17 tahun dia jadi pembicara di ted talk dan ngebahas mimpi nya untuk bikin mesin buat bersihin the pasific garbage patch.

and years later, dia berhasil melakukan fund raising dan merealisasikan mimpinya. Mesin pertama yang dibuatnya bersama tim di Ocean Clean Up telah diluncurkan pada tahun 2018. Di acara ini dia meluncurkan mesin baru yang berjudul Interceptor, yang fungsinya untuk bersihin sampah di sungai karena ternyata 80% sampah yang berakhir di laut berasal dari aliran sungai. Jadi idenya adalah untuk menutup “keran sampah plastik” dari sungai sebelum sampai ke laut. Prototype pertama dari mesin ini dipakai di salah satu sungai di Jakarta.

Dengerin langsung cerita Boyan Slat ini bener-bener menginspirasi banget, bayangin, waktu memulai ini semua, dia baru berumur 17 tahun dan dia menjadi CEO sekaligus Founder di umur 18 tahun.  Mimpi dan visi besar bisa diwujudkan oleh siapapun, yuk jangan kalah sama Boyan.  Kamu bisa juga cek podcast kami, #cleanomicradio, untuk cari inspirasi dari sosok-sosok muda lainnya yang juga punya inisitiatif keren tentang lingkungan.

Let’s do something for the environment, today!

Mei 11, 2020

Product Best Sellers

0 responses on "Boyan and the Interceptor"

Leave a Message

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *