Temen-temen pernah dengar yang namanya lubang biopori kah? Lubang biopori adalah salah satu metode mengompos yang sebenernya simple banget. Untuk membuat lubang biopori, kamu tinggal membuat lubang dengan kedalaman 50 – 100 cm dengan menggunakan alat bor seperti yang ada di video di bawah ini. Nah, seringnya alat bor ini setelah digunakan, tidak akan digunakan lagi. Kan sayang!
Kami ingin membuat inisiatif berbagi dan saling pinjam si alat bor ini buat teman-teman yang ingin membuat lubang biopori, GRATIS!

Caranya ikutan program ini:

  • kamu tinggal DM langsung ke kami, tulis nama, alamat, no.telp dan akun instagram kamu dan sampaikan ke kami kalau kamu pengen bikin lubang biopori di rumah kamu.
  • Kami akan mengirimkan alat ini ke rumah rumah orang yang pertama DM ke kami.
  • Setelah selesai digunakan, jangan lupa posting hasil karya lubang biopori kamu, gunakan hastag #BikinLBramerame dan tag akun cleanomic.
  • lalu kami akan mengirimkan ke kamu alamat orang berikutnya untuk kamu kirimkan si alat pengebor lubang biopori ini selanjutnya.
Perlu dicatat:
  • kami hanya akan mengirimkan alat pengebor ke rumah kamu:
  • kamu harus beli sendiri perlengkapan lain seperti pipa PVC dan penutupnya;
  • mohon berkenan untuk menanggung ongkos pengiriman alat pengebor ini untuk ke teman-temen selanjutnya, ongkos kirim ini akan lebih murah daripada beli alat pengebornya kok!
  • Program ini hanya berlaku untuk wilayah Jakarta yah untuk sementara ini.
Manfaat lubang biopori selain bisa menjadi tempat mengompos, lubang biopori juga dapat berfungsi sebagai lubang resapan untuk mengurangi genangan air setelah hujan deras.
[http://sda.pu.go.id/bwssulawesi2/cara-membuat-biopori/
Lubang biopori juga menyuburkan tanah lho, apalagi kalau kita isi dengan sampah organik yang akan diproses oleh microorganisme dalam tanah. Terowongan-terowongan kecil yang dibuat oleh cacing tanah akan meningkatkan luas permukaan tanah. Hal ini tentu akan membuat kapasitas tanah untuk menampung air menjadi meningkat.  Bahkan, lubang resapan biopori ini mampu meningkatkan luas bidang resapan menjadi 40 kali lipat.
Pembuatan biopori sebaiknya dilakukan pada area terbuka yang akan terkena air hujan. Kita bisa membuatnya di halaman rumah, sekitar pepohonan, sekitar tempat parkir, dan tempat terbuka lainnya.

Cara bikinnya

Selain bor tanah yang akan disediakan melalui program ini, kalian juga memerlukan Pipa PVC dan penutup yang sudah dilubangi bagian sisi-sisinya.

[http://sda.pu.go.id/bwssulawesi2/cara-membuat-biopori/]

  1. Sebelum mulai membuat biopori, terlebih dahulu tentukan lokasi yang akan dijadikan tempat pembuatan.
  2. Setelah ditentukan tempatnya, siram tanah yang akan dijadikan sebagai tempat pembuatan biopori dengan air agar tanah menjadi lebih lunak dan mudah untuk dilubangi.
  3. Lubangi tanah dengan menggunakan bor tanah, usahakan buat yang tegak lurus.
  4. Buat lubang dengan kedalaman kurang lebih 1 meter dengan diameter 10-30 cm.
  5. Setelah itu, lapisi lubang menggunakan pipa PVC yang ukurannya sama dengan diameter lubang.
  6. Kemudian, isi lubang dengan sampah organik seperti daun, rumput, kulit buah-buahan, dan sampah yang berasal dari tanaman lainnya.
  7. Setelah itu tutup lubang menggunakan kawat besi, atau bisa juga memakai tutup pipa PVC yang sudah dilubangi terlebih dahulu.
 Detail lebih lanjut bisa baca di artikel ini yah

 

Maret 23, 2020

Product Best Sellers

0 responses on "Bikin lubang biopori rame-rame!"

Leave a Message

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *