Belum punya rencana kemana-mana liburan ini? Coba nonton 4 film pendek ini yang rata-rata berdurasi 15 – 20 menit di youtube tentang beberapa cerita menarik seputar topik lingkungan.  Satu hal yang bisa kita simpulkan dari cerita-cerita ini adalah betapa usaha satu orang saja dapat menimbulkan dampak besar bagi lingkungan, dan begitu pula sebaliknya.

1. Forest Man

Pak Payeng dari India rajin banget menanam pohon dari sejak tahun 1970 untuk menyelamatkan pulaunya.  Akhirnya, usaha beliau tidak sia-sia dan lahan tempat ia menanam pohon saat ini telah berubah menjadi oasis yang luasnya lebih besar dari Central Park New York!

2. How to green the world’s deserts and reverse climate change

Pak Allan membuktikan bahwa lahan gersang yang menyerupai padang pasir bisa ditransformasikan menjadi lahan hijau.  Simak caranya di video ini.

3. Carbon Negative Country

Bhutan adalah satu-satunya negara yang produksi carbon nya negatif, gila banget kan?? Negara lain justru offset karbon nya dengan carbon budget nya mereka.  Didukung kepemimpinan raja Bhutan yang sangat progresif, Bhutan berhasil mengembangkan ekonominya dan sekaligus menjaga kelestarian lingkungannya.  Patut ditiru!!!!

4. How do wastewater treatment plants work?

Dulu kita diajarin kalau air adalah sumber daya alam yang terbarukan, film ini menceritakan proses, teknologi dan infrastruktur yang kita gunakan untuk memproses air yang kita konsumsi / buang sampai akhirnya bisa kita konsumsi lagi.

***

Apakah kamu punya film pendek favorit lain? Share disini yah!

Product Best Sellers

0 responses on "4 Film Pendek tentang Lingkungan"

Leave a Message

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *